Tuesday, November 20, 2012

Ciri-Ciri Wanita Tidak Subur

Kesuburan adalah hal yang sangat penting karena berhubungan dengan fungsi reproduksi. Bagi banyak pasangan suami istri yang telah menikah bertahun-tahun tapi tidak juga hamil dan melahirkan anak, maka biasanya ada masalah dalam fungsi reproduksi suami atau istri atau bahkan keduanya. Masalah tersebut disebut infertilitas atau tidak subur, dalam bahasa sehari-hari disebut mandul.

Pada wanita, ciri-ciri tidak subur secara umum dapat terlihat dari beberapa tanda, misalnya siklus menstruasi yang tidak lancar atau bahkan haid yang berhenti sama sekali. Menstruasi berkaitan dengan masa ovulasi atau pembuahan, atau biasa juga disebut masa subur yaitu masa dimana sel telur dihasilkan dan menuju rahim untuk menunggu sel sperma datang. Jika pembuahan tidak terjadi, maka sel telur akan melebur dan keluar dari vagina sebagai darah haid.

Ciri-ciri lain wanita tidak subur adalah berat badan tidak ideal, terlalu gemuk atau terlalu kurus. Badan yang terlalu gemuk penuh dengan lemak menyebabkan terjadinya perubahan hormon dalam tubuh. Hal yang sama terjadi pada wanita berbadan sangat kurus. Tubuh akan menghemat energi yang dikeluarkan sehingga sistem reproduksi tidak akan menghasilkan hormon yang dibutuhkan agar ovulasi terjadi normal.

Stres atau hidup dalam tekanan adalah ciri lain mengapa seorang wanita tidak subur. Stres menyebabkan tubuh memproduksi hormon yang dapat menghentikan ovulasi. Proses ini adalah mekanisme normal tubuh agar bisa survive.

Demikian beberapa ciri mengapa seorang wanita tidak subur sehingga sulit hamil. Kesimpulannya, kondisi tubuh harus berada dalam keadaan sehat agar sistem dan hormon bekerja normal dan kehamilan dapat terjadi.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment